@thesis{thesis, author={Widiani Nukita Putri}, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KEDIRI}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10190/}, abstract={ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 212 siswa dan tersebar ke dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang terdiri dari 71 siswa. Data kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk tes essay. Dari data post-test diperoleh rata-rata lebih tinggi dari dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif adalah 83,71, dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 76,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.      Kata kunci : model pembelajaran generatif, kemampuan komunikasi matematis.} }