@thesis{thesis, author={Jaabir -}, title ={Pengaruh Penerapan BNI SONIC (Self Service Opening Account) Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah Pada BNI di Bali.}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10197/}, abstract={ABSTRAK Jaabir, (2022). Pengaruh Penerapan BNI SONIC (Self Service Opening Account) Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah Pada BNI di Bali.. Tesis, Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Bagia, M,Si dan Pembimbing II: Putu Indah Rahmawati, SST.Par., M.Bus., Ph.D Kata-kata kunci: BNI SONIC, Kualitas Pelayanan, Independent Sample T-Test Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pembukaan rekening tanpa menggunakan mesin BNI SONIC dan menggunakan BNI SONIC, serta pengaruh penerapan BNI SONIC terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada BNI di Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Singaraja, BNI Kantor Cabang Renon, dan BNI Kantor Cabang Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah yang melakukan Transaksi di Bank BNI tersebut, sedangkan objek pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan kepada nasabah BNI Kantor Cabang Singaraja, Kantor Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar akibat penerapan BNI SONIC di BNI. Populasi pada penelitian ini adalah para nasabah Bank BNI Cabang Singaraja, Kantor Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar yang melakukan pembukaan rekening berjumlah 240 responden dengan formula perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan data menggunakan metode kuisioner yang diisi melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji dua sample beda tidak berpasangan (Independent Sample TTest). Hasil penelitan menunjukkan : (1) Tingkat kualitas pelayanan nasabah BNI saat membuka rekening di Customer Service atau secara BNI Manual berdasarkan nilai rata-rata menunjukkan kategori kualitas yang Cukup atas pelayanan nasabah sebelum penerapan BNI SONIC. (2) Tingkat kualitas pelayanan pelanggan setelah diterapkannya BNI SONIC berdasarkan nilai rata-rata menunjukkan hasil dengan kategori kualitas yang “Sangat Tinggi”. (3) Dari hasil uji beda dua t tidak berpasangan, nilai signifikansi menunjukkan nilai yang lebih kecil terhadap nilai kritis angka (0,05) sehingga terdapat perbedaan signifikansi antara rata-rata hasil dari kualitas pelayanan BNI Manual dan BNI SONIC. Kemudian, hasil nilai korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atas korelasi positif yang sangat kuat atau tinggi antara kualitas pelayanan saat membuka rekening di Customer Service dan sesudah penerapan BNI SONIC di Bank BNI Cabang Singaraja, Kantor Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar.} }