@thesis{thesis, author={Mazidah Baiq Rabiatun}, title ={PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER OTHER THINKING SKILLS) PADA MATERI EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN SISWA SMA}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10243/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda intrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Other Thingking Skills) pada materi ekosistem dan lingkungan siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pengembangan instrument tidak sampai pada tahap penyebaran (disseminate), mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang sebagai expert judge yaitu dua pakar dari dosen dan tiga praktisi dari guru. Metode analisis data pada uji validitas menggunakan uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi materi Ekosistem dan Lingkungan menggunakan rumus KR-21. Hasil penelitian diperoleh adalah tes keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Ekosistem dan Lingkungan. Uji validitas sebelum di uji cobakan kesiswa diperoleh 38 butir soal yang valid (0,8 > 0,6) dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi (0,836). Sedangkan untuk uji coba instrument yang diujikan kepada 36 siswa sampel diperoleh 30 soal yang valid dari 38 butir soal yang diujikan kepada sampel dengan nilai reliabilitas 0,89, sementara indeks kesukaran diperoleh sebanyak 26 (86,67%) soal memiliki indeks kesukaran yang sedang, dan 4 soal (13,33%) soal memiliki indeks kesukaran yang susah. Sebanyak 2 soal (6,67%) memiliki daya beda yang sangat baik, sebanyak 5 soal (16,67%) memiliki daya beda yang cukup, sedangkan 8 sisanya memiliki daya beda yang jelek.} }