@thesis{thesis, author={Saputra Gusti}, title ={PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SD GUGUS VII KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10259/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 103 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sumberkima sebanyak 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkima sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,158 dan ttabel = 2,003. Sedangkan perhitungan uji-t sikap patriotisme menunjukkan thitung = 9,574 dan ttabel = 2,003. Berdasarkan kriteria pengujian thitung (4,158) > ttabel (2,003), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen > rata-rata hasil belajar IPS kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsanaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022.} }