@thesis{thesis, author={Suryadani I Gusti Ayu Ketut}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10264/}, abstract={Suryadani, I Gusti Ayu Ketut (2021), Pengaruh model pembelajaran discovery dan flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar senam lantai ditinjau dari minat belajar peserta didik. Tesis, Pendidikan Olahraga (S2), Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Ketut Sudiana, S.Pd., M.Kes. dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Semarayasa, S.Pd., M.Or. Kata-kata kunci: Model pembelajaran, minat belajar, senam lantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery dan model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar senam lantai ditinjau dari minat belajar peserta didik. Penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan desain faktorial 2 x 2 Treatment by Level. Subjek penelitian adalah 60 orang peserta didik SMA Negeri 1 Negara, yang terbagi dalam 2 kelompok model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANCOVA) dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05). Hasil analisis menunjukkan: (1) Hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran discovery lebih baik secara signifikan daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran flipped classroom dengan berbantuan aplikasi google classroom, (Fhitung = 20,761 > Ftabel = 4,200, mean A1 = 80,33 > mean A2 = 75,43, H0 ditolak). (2) Terdapat interaksi secara signifikan antara pemberian model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik (Fhitung = 149,00 > Ftabel = 4,200, H0 ditolak); (3) Pada peserta didik dengan minat belajar tinggi, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom (thitung = 12,865 > ttabel(30) = 1.701, H0 ditolak); dan (4) Pada peserta didik dengan minat belajar rendah, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery (thitung = 5,074 > ttabel(30) = 1,701, H0 ditolak). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery terbukti dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada peserta didik, jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran flipped classroom. Minat belajar terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar senam lantai disamping menerapkan model pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai, penerapan model pembelajaran harus memperhatikan minat belajar peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih inovatif menyusun dan menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menimbulkan minat belajar yang tinggi untuk peserta didik.} }