@thesis{thesis, author={Pradana I Putu Sandy Karma}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IVDI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENATIH TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10265/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif. Langkah dalam penelitian ini menggunakan model 4-D, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan atau desain (design), tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) yang dimodifikasi tanpa adanya tahap penyebaran (disseminate). Hasil uji validitas butir dan isi dari instrumen penilaian yang dibuat dinyatakan dalam kategori valid yang dilanjutkan dengan uji reliabilitas tes dengan hasil 0,82 dengan kategori sangat tinggi diantara interval 0,80 - 1.00. Pada uji daya beda tes instrumen penilaian hasil belajar mendapatkan hasil 0,63 yang termasuk ke dalam kategori baik selanjutnya pada uji indeks kesukaran tes diperoleh hasil 0,63 yang berarti indeks kesukaran dari instrumen penilaian yang dibuat termasuk ke dalam kategori sedang. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika sangat layak digunakan untuk penilaian hasil belajar. Kata kunci: pengembangan instrumen, hasil belajar, matematika ABSTRACT This study aims to produce a product of mathematics learning outcomes instruments. This type of research is development research. The method in collecting data is done by the test method, namely the objective test. The steps in this research use a 4-D model, namely: the definition stage, the design stage, the development stage and the dissemination stage without any dissemination stage. The results of the validity of the items and the content of the instruments made were stated in the valid category, followed by the reliability of the test with the results of 0.82 with a very high category between the intervals of 0.80 - 1.00. In the different power test, the learning outcome assessment instrument test got 0.63 which was included in the good category, then on the difficulty test the result was 0.63 which means the difficulty index of the assessment instrument made was included in the medium category. From the results obtained, it can be stated that the development of instruments, learning outcomes of mathematics is very important to be used for learning outcomes. Keywords: development instruments, learning outcomes, mathematics} }