@thesis{thesis, author={Agung I Dewa Gede}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL IPA DENGAN MODEL STEM-PJBL BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10296/}, abstract={ABSTRAK Agung, I Dewa Gede (2021), Pengembangan E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universita Pendidikan Genesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Nyoman Suardana, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Rapi, M.Pd Kata-kata kunci: e-modul, Karakter, STEM-PjBL, hasil belajar Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Models) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy Semmel, dan Melvyn Semmel. Model 4D (Four-D Models) memiliki empat tahapan meliputi (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebarluasan), namun pada penelitian ini tahap disseminate (penyebarluasan) tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Adapun rancangan penelitian untuk uji keefektifan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa (1) validitas materi e-modul dengan kualifikasi sangat baik (KVG= 1,00), (2) validitas media e-modul dengan kualifikasi sangat valid (x Ì…=94,72), dan (3) validitas bahasa e-modul dengan kualifikasi sangat valid (x Ì…=100). Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa (1) e-modul sangat praktis dari praktisi guru (x Ì…=94,99) dan (2) e-modul sangat praktis dari praktisi siswa (x Ì…=94,54). Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 37,91 kategori sangat kurang menjadi nilai posttest sebesar 83,73 kategori sangat baik, (2) hasil perhitungan N-gain ternormalisasi sebesar 0,74 (=0,74) dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) e-modul memiliki karakteristik sesuai dengan model pembelajaran STEM-PjBL, (2) e-modul telah memperoleh penilaian yang valid dari segi materi, bahasa, dan media, (3) e-modul telah memperoleh penilaian yang praktis dari guru dan siswa, dan (4) e-modul efektif meningkatkan hasil belajar siswa.} }