@thesis{thesis, author={Dewi Gusti Ayu Mirah Komala}, title ={HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10321/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (2) mendeskripsikan hubungan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (3) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tejakula dan SMA Negeri 2 Tejakula di Kecamatan Tejakula pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 166 siswa. Sampel berjumlah 117 siswa yang ditentukan secara proportional random sampling. Data motivasi dikumpulkan dengan kuesioner motivasi belajar (reliabilitas kuesioner = 0,679), data rasa ingin tahu dikumpulkan dengan kuesioner rasa ingin tahu (reliabilitas kuesioner = 0,719), dan prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes objektif (reliabilitas tes = 0,976). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana,uji regresi linier berganda dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,240. Sumbangan efektif motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 7,21%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,220. Sumbangan efektif rasa ingin tahu dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 12,69%, (3) terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,280. Sumbangan efektif motivasi belajar dan rasa ingin tahu secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 19,90%.} }