@thesis{thesis, author={Manggil Fince Utang}, title ={HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN SELF-EFFICCAY DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR TAHUN AJARAN 2021/2022}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10345/}, abstract={Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar menjadi masalah utama yang dikaji pada penelitian ini. Tujuan penelitian untuk menganalisis (1) hubungan antara regulasi diri dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar tahun ajaran 2020/2021 (2) hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar tahun ajaran 2020/2021, dan (3) hubungan antara regulasi diri dan self-efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 yang berjumlah 249 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 151 siswa. Penilaian regulasi diri dan self-efficacy dengan menggunakan kuesioner, sedangkan hasil belajar fisika dengan menggunakan tes pilihan ganda. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner regulasi diri dan self-efficacy masing-masing sebesar 0,941 dan 0,914 sedangkan tes hasil belajar fisika sebesar 0,83. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas sebaran data, uji linieritas data dan keberartian regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat (1) hubungan positif antara regulasi diri dengan hasil belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar 3,44%, (2) hubungan positif antara self-efficacy dengan hasil belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar 2,26%, (3) hubungan positif antara regulasi diri dan self-efficacy dengan hasil belajar fisika serta sumbangan efektif sebesar 5,7%.} }