@thesis{thesis, author={Ardiyanti Ni Nengah Nita}, title ={Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Karakter Positif Siswa Kelas IX C SMP Negeri 1 Bangli melalui Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Berbasis Dalam Jaringan}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10363/}, abstract={Kemampuan komunikasi matematis dan karakter positif siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Bangli masih rendah, hal tersebut. dikarenakan kurangnya komunikasi yang baik pada proses pembelajaran yang berlangsung secara daring, yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi. Untuk mengatasi itu dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajatan TTW. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis dan karakter positif siswa dengan menggunakan penerapan Strategi Think – Talk – Write di kelas IX C SMP Negeri 1 Bangli pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang berbetuk soal uraian yang terdiri dari 5 butir soal pada setiap siklus dan non tes berupa lembar observasi untuk mengetahui karakter positif siswa khususnya disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yaitu rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 13,62 selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 14,34 dan pada siklus III meningkat menjadi 16,09. Begitupun pada karakter positif siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I persentase karaker disiplin siswa yaitu 55,33%, karakter tanggung jawab sebesar 67,5% dan karakter kerjakeras sebesar 62,5%. Lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,69% untuk karakter disiplin, 71,56% untuk karakter tanggung jawab, dan untuk karakter kerja keras sebesar 68, 75%. Kemudian pada siklus III meningkat menjadi 64,06% untuk karakter displin, 71,81% untuk karakter tanggung jawab, dan 73,75% untuk karakter kerja keras. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis dan karakter positif siswa. Sehingga berdasarkan indikator yang telah ditetapkan sudah tercapai, maka penilitian ini dapat disimpulkan berhasil.} }