@thesis{thesis, author={Dite I Wayan}, title ={Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Nasional Denpasar}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10369/}, abstract={Dite, I Wayan (2022), Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Nasional Denpasar. Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: aplikasi google classroom, hasil belajar IPS, model blended learning, sikap sosial. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model blended learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Nasional Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan quasy experiment non equivalen control group design with posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 233 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 66 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model blended learning menggunakan aplikasi google classroom, sedangkan variabel terikatnya adalah sikap sosial dan hasil belajar IPS. Untuk mengumpulkan data sikap sosial dikumpulkan dengan metode kuesioner, sementara data prestasi belajar IPS siswa dikumpulkan dengan metode tes. Untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan analisis Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa: 1) model blended learning menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh signifikan secara simultan terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS dengan Fhitung sebesar 53,489 dan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05, 2) model blended learning menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh signifikan terhadap sikap sosial siswa, dengan Fhitung sebesar 45,387 dan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05, dan 3) model blended learning menggunakan aplikasi google classroom berpegaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan Fhitung sebesar 48,578 dan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.} }