@thesis{thesis, author={Astitiani Made}, title ={STUDENTS’ PERCEPTION OF SELF-ASSESSMENT IN ASSESSING WRITING SKILL DURING ONLINE LEARNING}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12014/}, abstract={Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi Belajar dari Rumah (BDR). Segala instruksi pembelajaran diaplikasikan secara daring, seperti proses penilaian. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan demikian, penilaian diri diterapkan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dalam pembelajaran dalam jaringan. Berdasarkan observasi awal, setiap siswa memiliki persepsi yang berbeda terhadap penilaian diri dan penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi siswa terhadap penilaian diri dalam menilai kemampuan menulis selama pembelajaran dalam jaringan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 5. Peneliti menerapkan metode gabungan, khususnya pendekatan sekuensial eksplanatori. Kuisioner dan wawancara merupakan dua instrumen yang diaplikasikan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dengan mengadaptasi teori dari Macrae &Bodenhausen (2001). Instrumen penelitian terdiri dari tiga dimensi yaitu dimensi evaluasi, dimensi memori, dan dimensi kesan. Berdasarkan analisa data pada kuisioner penilaian diri dalam menilai kemampuan menulis selama pembelajaran dalam jaringan, rata-rata persepsi siswa pada dimensi evaluasi adalah 45, 38; 53, 35 untuk dimensi memori; dan 35, 74 untuk dimensi kesan. Hasil dari penelitian menemukan bahwa siswa memiliki persepsi positif pada dimensi memori dan kesan, dan persepsi negatif pada dimensi evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa penilaian diri memberikan kemudahan dan kesulitan kepada siswa dalam menulis selama pembelajaran dalam jaringan.} }