@thesis{thesis, author={Fahmi Muhammad}, title ={KESULITAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR I SECARA DARING PADA MASA PANDEMIK COVID 19}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12034/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran secara daring, dan (2) faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran secara daring dalam mempelajari materi kuliah Kimia Dasar I semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah 19 orang mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Kimia Undiksha dan dua orang dosen pengajar matakuliah Kimia Dasar I. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran kimia dasar 1 secara daring tergolong sedikit sulit dengan persentase 53%, tergolong cukup sulit dengan persentase 37%, dan yang tergolong sulit dengan persentase 5%, dan (2) faktor internal penyebab kesulitan belajar secara daring meliputi intelegensi yang ditinjau dari pemahaman materi pembelajaran Kimia Dasar I pada tingkat sub-mikroskopik dan kemampuan mengingat yang rendah, minat yang ditinjau dari keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring sangat kurang, motivasi belajar dan bakat mahasiswa yang tergolong masih rendah dalam pelaksanaan pembelajaran daring. (3) Faktor ekternal penyebab kesulitan belajar secara daring meliputi kondisi rumah yang kurang nyaman, keterbatasan komunikasi yang kurang intens sehingga menghambat saat proses perkuliahan, dan kendala teknis seperti akses jaringan internet, koneksi yang tidak stabil, dan hambatan keterbatasan dalam penggunaan media.} }