@thesis{thesis, author={Ariyantini Komang Yuni}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU TEMA 8 KELAS IV DI SD NEGERI 2 PENGLATAN KECAMATAN BULELENG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12062/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan dari pengembangan media powerpoint interaktif pada subtema 1 lingkungan tempat tinggalku tema 8 kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan Kecamatan Buleleng Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini meliputi 1 orang ahli materi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, siswa untuk uji coba perorangan, dan 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Proses pengembangan media powerpoint interaktif subtema 1 lingkungan tempat tinggalku tema 8 untuk kelas IV SD dilakukan berdasarkan tahapan model ADDIE; (2) Validitas media powerpoint interaktif ini ditentukan dari hasil uji ahli dan uji coba produk meliputi (1) uji ahli bahan ajar diperoleh persentase 98% dengan kategori sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat baik; (3) uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik; (4) tes praktisi memperoleh persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik; (5) hasil uji perorangan diperoleh 90,7% dalam kategori sangat baik; dan hasil uji kelompok kecil diperoleh 90,5% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba produk dapat dinyatakan bahwa media ini memiliki kualifikasi sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.} }