@thesis{thesis, author={Cahyani Ni Kadek Krismalia}, title ={Investigation of EFL Students Perception on the Use of Instagram as an English Learning Medium in Academic Writing Course}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12071/}, abstract={Penggunaan teknologi dalam pembelajaran abad 21 membantu siswa untuk lebih fleksibel dalam memperoleh pengetahuan. Dalam melatih keterampilan menulis bahasa Inggris, siswa dapat menggunakan Instagram. Studi sebelumnya telah menunjukkan dampak penggunaan media sosial, tetapi tidak satupun dari mereka mempelajari persepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada mata kuliah Academic Writing. Desain penelitian yang digunakan adalah metode sekuensial eksplanatori. Dua puluh tujuh mahasiswa dari semester 3 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha berpartisipasi dalam studi tersebut. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Validitas kedua instrumen ini diperiksa oleh juri ahli dan dilakukan dengan melakukan uji coba melalui survei online. Sedangkan reliabilitasnya diperiksa menggunakan program SPSS. Hasil wawancara menunjukkan bahwa Instagram sederhana, mudah, cepat, up-to-date, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Namun, Instagram membutuhkan koneksi yang tinggi dan stabil untuk digunakan. Sistem akan mengubah ukuran posting dan membuat posting memiliki kualitas rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada mata kuliah penulisan akademik adalah netral. Instagram dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris dalam penulisan akademik, tetapi siswa dapat menggunakan media lain juga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menemukan media alternatif untuk melatih keterampilan menulis mereka.} }