@thesis{thesis, author={Kusuma Desak Anugrah Dwi}, title ={Implementing Problem-based Learning using Scribblenauts Unlimited for Teaching English at SMK Negeri 1 Sawan}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12110/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan PBL dengan model tujuh langkah Maastricht menggunakan video game Scribblenauts Unlimited terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pendapat seorang guru bahasa Inggris tentang penerapan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi QUAN → quan dengan desain pra-eksperimental, focus group, dan survei. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas 11 dan seorang guru bahasa Inggris kelas XI AKL 2 tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest berisi 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian serta angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa skor rata-rata setelah diajarkan dengan menggunakan video game Scribblenauts Unlimited (Me= 64,67) lebih tinggi daripada sebelum diajarkan dengan menggunakan game ini (Me = 51,92) dengan ukuran efek Cohen's d yang besar ( 1,35 >0,80). Para siswa merasa senang untuk belajar bahasa Inggris. Pendapat guru bahasa Inggris positif dan sangat mendukung penerapan PBL menggunakan video game Scribblenauts Unlimited inipada kelas bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Sawan.} }