@thesis{thesis, author={Gayatri Ni Komang Febi Melia}, title ={PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12161/}, abstract={Penelitian ini bertujan menganalisis (1) karakteristik, (2) kevalidan, (3) kepraktisan, dan (4) keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, namun penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap development. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan LKPD yang diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket. Subjek uji coba 2 orang dosen Prodi S1 Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, 5 orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 30 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Singaraja untuk uji keterbacaan. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter yaitu (1) LKPD yang dikembangkan berupa buku cetak berukuran A4. (2) LKPD ini diawali dengan kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan, kompetensi dasar dan indikator. (3) LKPD ini menggunkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. (4) LKPD yang dikembangkangkan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter diantaranya nilai kejujuran, disiplin, toleransi, dan tanggung jawab. (5) LKPD didesain menggunakan warna dan gambar yang menarik. (6) Pada bagian akhir LKPD terdapat berisikan daftar pustaka yang dijadikan acuan dalam pengembangan. Tingkat kevalidan LKPD termasuk kategori validitas tinggi. Hasil kepraktisan LKPD memperoleh rata-rata 90,67% dengan kategori sangat baik, hasil uji keterbacaan memperoleh skor 4,5 dengan katogori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian, lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter ini sudah layak untuk diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.} }