@thesis{thesis, author={Ariana I Ketut Puspayoga}, title ={PENGARUH HASIL PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SD}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12180/}, abstract={Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SD. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SD. Adapun objek dalam penelitian ini adalah validasi aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, kuisioner dan tes. Validasi aktivitas pembelajaran diukur dengan rating scale yang diberikan 4 orang dosen ahli aktivitas pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan rumus mean. Hasil validasi aktivitas pembelajaran diperoleh dengan rata-rata skor validasi aktivitas pembelajaran adalah 4,58, secara keseluruhan valid dengan kualifikas sangat baik. Berdasarkan hal tersebut aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SD layak digunakan. Hasil efektifitas aktivitas pembelajaran berdasarkan uji manova pada aplikasi SPSS diperoleh signifikasi kelompok sebesar 0,000 dan lebih rendah dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan secara bersama-sama “terdapat perbedaan yang signifikan literasi sain dan kemampuan metakognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay dengan siswa yang yang mengikuti aktivitas pembelajaran tanpa bantuan media pembelajaran autoplay".} }