@thesis{thesis, author={SUKENDRA I KOMANG}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA SMA BERBASIS STEM BERORIENTASI SOAL HOTS}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12199/}, abstract={ABSTRAK Pembelajaran berbasis STEM lebih mengutamakan pada pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar. Namun untuk memaksimalkan hasil belajar siswa perlu adanya pengembangan e-modul berbasis STEM berorientasi soal HOTS. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul matematika SMA berbasis STEM berorientasi soal HOTS yang memenuhi persyaratan validitas, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp. Implementasi dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Denpasar. Kevalidan materi e-modul dinilai oleh tiga orang ahli materi dan ahli media menggunakan lembar evaluasi dan diuji dengan tabulasi silang Gregory. Hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan e-modul memenuhi syarat validitas. Aspek kepraktisan dievaluasi dengan memberikan angket kepada siswa dan guru. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteri baik, baik dari segi siswa dan guru. Skor rata-rata kepraktisan oleh siswa sebesar 0,899 berada pada kriteria sangat baik, dan skor rata-rata nilai kepraktisan oleh guru sebesar 0,894 berada pada kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul dievaluasi dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa dan dianalisis berdasarkan nilai ketuntasan klasikal. Nilai ketuntasan klasikal diperoleh 94,73% dan didukung oleh data kualitatif yaitu secara keseluruhan siswa mampu mengerjakan soal dengan baik sehingga e-modul yang diimplementasikan dikatagorikan efektif serta didukung hasil wawancara dengan siswa dan guru matematika secara umum mengatakan bahwa e-modul matematika sangat baik diterapkan secara lokal. Karakteristik dari produk e-modul yang dikembangkan yaitu: (1) Gambar, contoh soal dan materi sesuai dengan masalah siswa yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari; (2) Evaluasi dan cek kemampuan dapat dikerjakan siswa untuk belajar mandiri baik dalam jaringan maupun luar jaringan; (3) Kunci jawaban tes formatif berupa lisan dan video. E-modul matematika dapat menuntun siswa untuk belajar secara mandiri yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika SMA berbasis STEM berorientasi soal HOTS pada materi fungsi yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: e-modul, STEM, soal HOTS} }