@thesis{thesis, author={Lestari Ayu Puji Dwi}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MA MA’ARIF NU KENCONG-JEMBER}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12330/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar kimia siswa dalam pembelajaran daring di MA Ma’arif NU Kencong-Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, ketua yayasan MA Ma’arif NU Kencong, dan siswa kelas X, XI, XII. Objek penelitian ini adalah aktivitas kesulitan belajar siswa dari faktor internal dan eksternal pada belajar kimia siswa dalam pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik deskiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adalah sebagai berikut: (1) faktor internal kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring yakni Motivasi siswa yang menurun dikarenakan tidak bisa belajar dengan bertatap muka dan membuat siswa bosan. Kesehatan menurun dikarenakan banyak kerabat dan saudara yang terpapar Covid-19; (2) faktor eksternal kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring yakni tidak memiliki kuota dan signal buruk, tidak memiliki handphone atau laptop; (3) solusi dari kesulitan belajar internal yakni sekolah memotivasi siswa agar tetap terus semangat belajar dan membimbing siswa yang bermasalah; dan (4) solusi dari kesulitan belajar eksternal yakni sekolah memberikan fasilitas untuk siswa berupa komputer dan wifi yang sudah tersambung otomatis. Kata-kata kunci: pembelajaran daring, faktor internal, faktor eksternal.} }