@thesis{thesis, author={Holid Idham}, title ={Pengaruh Project Based Blended Learning Model Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di MTs Negeri 4 Jembrana}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12400/}, abstract={Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh project based blended learning model terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian eksperimen semu digunakan di penelitian ini menggunakan post-test only control group design. Populasi yang ditentukan yaitu semua siswa kelas VII MTs N 4 Jembrana dan dilaksanakan saat TA 2021/2022; dengan populasi berjumlah 210 siswa di 7 kelas. Dua kelas dari populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Siswa kelas eksperimen sebanyak 30 anak didapatkan dari kelas VIIA. Siswa kelas kontrol sebanyak 30 anak didapatkan dari kelas VIIC. Penetapan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Kesetaraan dari kedua kelas tersebut diketahui berdasarkan nilai PAS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika yang diketahui berdasarkan hasil pengerjaan tes uraian. Hasil yang didapat dari penelitian ini memperoleh rerata skor postest di kelas eksperimen sebanyak 41.33 dan kelas kontrol sebanyak 36.20. Rerata skor kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis memakai uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan mendapatkan hasil t_hitung>t_tabel (2.585>1.672). Hasil tersebut menggambarkan jika terdapat perbedaan signifikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol dan eksperimen. Kesimpulan yang didapatkan yaitu, ada pengaruh project based blended learning model terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Project Based Blended Learning Model, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.} }