@thesis{thesis, author={Yasa I Komang Triana Utama}, title ={MENGUNGKAP EFEKTIVITAS INOVASI LAYANAN SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI KASUS DI KANTOR BERSAMA SAMSAT BADUNG)}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/12402/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk penerapan dari layanan Gelis di Kabupaten Badung, 2) Tanggapan wajib pajak kendaraan bermotor terhadap layanan Gelis di Kabupaten Badung, 3) Efektivitas layanan Gelis terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Badung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Bentuk penerapan layanan ini yaitu dengan menggunakan SOP yang telah ditetapkan di Kantor Bersama Samsat Badung. 2) Tanggapan wajib pajak terhadap layanan tersebut tergolong positif dari aspek kualitas pelayanan dan promosi untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak, namun terdapat hambatan di aspek kejelasan instruksi. 3) Inovasi layanan Gelis sangat efektif dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Badung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rasio efektivitas yang menunjukkan angka 119%, yang mana angka tersebut telah melampaui kriteria efektif (90-100%). Adanya peningkatan dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Badung pasca penerapan sistem Drive Thru menunjukkan bahwasanya inovasi tersebut mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Badung.} }