@thesis{thesis, author={Sari Erna}, title ={ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TENTANG MATERI TEKANAN DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/8884/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil konsepsi siswa dan faktor-faktor penyebab terbentuknya miskonsepsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tentang materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini tergolong penelitian expostfacto menggunakan pendekatan mixed methods. Strategi yang digunakan adalah sequenitial explanatory. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik berbentuk pilihan ganda dilengkapi dengan CRI, pedoman wawancara, kuisioner, serta checklist buku yang digunakan siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan profil konsepsi siswa dalam memahami materi tekanan adalah 21,71% memahami konsep, 23,02% kurang pengetahuan, 21,91% tidak tahu konsep, dan 33,36% mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi yang berasal dari faktor internal siswa meliputi minat belajar rendah, motivasi belajar rendah, pemahaman konsep rendah; sedangkan yang berasal dari faktor eksternal adalah buku teks IPA yang digunakan kurang lengkap serta metode mengajar guru yang tidak tepat.} }