@thesis{thesis, author={Suradipa I Made Arya}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERACY HUMANISTIC DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/8937/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas dan reliabilitas instrumen litaracy humanistic dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D yang sudah dimodifikasi yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan desimination. Penelitian pengembangan ini menggunakan subjek meliputi instrumen literacy humanistic dan kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data menggunakan teknik rubrik penilaian judges, lembar observasi, dan soal essay. Berdasarkan analisis data dengan rumus Lawshe untuk mengukur validitas isi instrument, product moment untuk mengukur validitas empirik instrumen dan alpha cronbach untuk mengukur reliabilitas instrument, diperoleh hasil: (1) Instrumen litarcy humanistic telah memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1,00, validitas empirik menyatakan semua instrumen valid, (2) Instrumen kemampuan berpikir kritis telah memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 1,00 dan validitas empirik menyatakan semua instrumen valid, (3) Instrumen litarcy humanistic telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,99, (4) Instrumen berpikir kritis telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,96} }