@thesis{thesis, author={Ratnasari I Gusti Ayu Tri Utami}, title ={KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN SELAT KARANGASEM TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repo.undiksha.ac.id/903/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus II Kecamatan Selat Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah expost-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 139 dan sampel berjumlah 101 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Data diperoleh melalui angket/kuesioner untuk kecerdasan emosional dan motivasi belajar, sedangkan untuk kompetensi Pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen berupa nilai UAS. Dalam uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi liniear berganda. Berdasarkan analisis maka diperoleh hasil: (1) kontribusi kecerdasan emosional terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan taraf signifikansi ? = 0,05 diperoleh hasil Fhit = 5,68 dan Ftabel = 3,94, sedangkan koefesien determinasinya (R)² = 5,6% (2) kontribusi motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan taraf signifikansi ? = 0,05 diperoleh hasil Fhit = 22,85 dan Ftabel = 3,94, sedangkan koefesien determinasinya (R)² = 19,05% (3) kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan taraf signifikansi ? = 0,05 diperoleh hasil Fhit = 14,83 dan Ftabel = 3,09, sedangkan koefesien determinasinya (R)² = 23,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Selat Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun saran yang diberikan kepada peneliti lainnya yaitu agar dapat menambahkan variabel-variabel penelitian lainnya yang berkaitan dengan kompetensi pengetahuan IPS, karena selain kecerdasan emosional dan motivasi belajar, masih ada faktor-faktor yang lain yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan IPS, sehingga penelitian selanjutnya lebih maksimal dan menambah wawasan lebih baik yang dapat menunjang dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.} }