@thesis{thesis, author={Maulina Ihya}, title ={Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas X Di SMK N 2 Singaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9040/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi trigonometeri pada siswa kelas X di SMK N 2 Singaraja semester genap tahun ajaran 2020/2021. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah Prosedur Newman, yakni: 1) kesalahan membaca; 2) kesalahan memahami soal; 3) kesalahan transformasi; 4) kesalahan keterampilan proses; 5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan 2 kelas subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan berdasarkan prosedur Newman, yaitu: 1) kesalahan dalam membaca masalah yakni 1.17%; 2) kesalahan memahami masalah yakni 14.41%; 3) kesalahan transformasi masalah yakni 37,35%; 4) kesalahan keterampilan proses yakni 54,11%; 5) kesalahan penulisan jawaban akhir yakni 83,52%. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, diantaranya: 1) kurangnya kemampuan siswa dalam membaca masalah; 2) kurangnya penguasaan siswa berkaitan rumus; 3) kurangnya kesadaran peserta didik untuk memeriksa jawaban akhir; 4) kurangnya minat pada matematika; 5) ketidakseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran.} }