@thesis{thesis, author={Putri Angga Buana}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA SD KELAS IV GUGUS X KECAMATAN BULELENG 2018/2019}, year={2020}, url={http://repo.undiksha.ac.id/909/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng 2018/2019 yang berjumlah 140 orang siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan didapat dua sekolah pada Gugus X Kecamatan Buleleng yaitu siswa SD kelas IV di SD N 1 Kaliuntu sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang siswa dan siswa SD kelas IV di SD N 3 Kaliuntu sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda. Hasil analisis data kelas eksperimen diperoleh bahwa kompetensi pengetahuan IPS siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 75,62. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh bahwa kompetensi pengetahuan IPS siswa tergolong sedang dengan nilai rata-rata sebesar 52,17. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 5% thitung > ttabel = 2,124 > 2,012 yang berarti terdapat pengaruh model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa. Dari hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD Kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng 2018/2019.} }