@thesis{thesis, author={Pradnyana Ida Bagus Harry}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBANTUAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9120/}, abstract={Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terhadap materi bangun ruang sisi lengkung adalah dengan menggunakan perkembangan teknologi berupa media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbantuan aplikasi Macromedia Flash pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa SMP kelas IX. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan Model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, diantaranya: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tempat pelaksanaan penelitian ini yaitu di SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada. Instrumen yang digunakan dalam penilaian produk ini adalah angket validasi isi instrumen, angket penilaian ahli media pembelajaran, angket penilaian ahli materi, angket respon siswa dan angket respon guru. Produk ini diuji tingkat valid, praktis, dan efektifnya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa media pembelajaran yang dievaluasi oleh ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 4,12 pada skala 5 yang tergolong sangat valid, dan hasil evaluasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,00 pada skala 5 yang tergolong valid. Media pembelajaran ini memperoleh respon yang baik dan mempunyai manfaat yang baik untuk guru dan siswa. Terlihat dari tingkat kepraktisan media pembelajaran melalui analisis angket respon guru diperoleh rata-rata skor 4,27 pada skala 5 yang tergolong sangat tinggi dan dari analisis angket respon siswa diperoleh rata-rata skor 4,35 pada skala 5 yang tergolong sangat tinggi. Dari hasil analisis perbandingan pretest dengan posttest melalui uji-t diperoleh t_hitung=5,82 dan t_tabel=1,70 yang dilihat pada tabel nilai distribusi t dengan derajat kebebasan adalah 28. Sehingga t_hitung≥t_tabel yang berarti media pembelajaran dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.} }