@thesis{thesis, author={Alfonso Moerdhani N.}, title ={KEAMBIGUITASAN IKLAN KOMERSIAL MEDIA CETAK BALIPOST DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9138/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keambiguitasan iklan komersial pada media cetak Balipost dan relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP khususnya pada materi tentang teks iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan komersial pada media cetak Balipost dan objeknya adalah keambiguitasan iklan komersial pada media cetak Balipost. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis data yang diadopsi dari model interaktif Miles and Hubermann yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terdapat keambiguitasan makna pada iklan komersial yang dimuat pada media cetak Balipost baik dari aspek gramatikal maupun aspek leksikal. Kembiguitasan dari sisi gramatikal terdapat pada kalimat maupun frasa yang secara leksikal mengandung makna ganda. Selain itu hasil penelitian ini juga menemukan bahwa iklan yang memiliki ambiguitas baik secara gramatikal maupun leksikal juga sering digunakan guru sebagai contoh dalam pembelajaran tentang teks iklan di jenjang SMP tanpa penjelasan yang memadai tentang konsep ambiguitas. Akibatnya terdapat variasi jawaban yang diberikan siswa saat guru meminta siswa membuat kesimpulan terhadap makna yang disajikan pada sebuah teks iklan.} }