@thesis{thesis, author={I WAYAN ANDITA MAY UTAMA WAYAN}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA}, year={2021}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9276/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh maupun yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian yang berupa eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Non equivalent Posttert-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas V semester II di Gugus VI Kecamatanj Sukasada yang berjumlah 172 orang. Dari tujuh kelas yang ada di gugus VI Kecamatan Sukasada yang menjadi sampel (yang diberikan treatment) penelitian adalah SD N 3 Panji Anom sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 26 orang dan SD N 4 Panji Anom yang dijadikan kelompok kontrol yang berjumlah 27 orang. Data skor hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 Soal terdiri dari C2-C5. Hasil Penelitian tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil Uji statistik deskriptif adalah menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen 25,86 dalam kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 21,24 dengan kategori hasil tinggi. Hasil analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t, diperoleh thitung = 5,86 dan ttabel = 2,01 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Sukasada. Disebabkan oleh itu, disarankan pada penelitian lain yang ingin melaksanakan penelitian sejenis hendaknya memerhatikan kelebihan dan kekurangan penelitian ini, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan} }