@thesis{thesis, author={Sulaksana Made Dewanda}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA TOPIK KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KATUNG}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9477/}, abstract={Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang di rancang untuk mengembangkan media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model penelitian pengembangannya, yang memiliki lima tahapan dalam proses pengembangannya yaitu, analyse (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tiga tahapan yaitu, analisis, desain, dan pengembangan karena terhalang kendala waktu dan finansial. Penelitian in menggunakan metode kuesioner dan instrument rating scale sebagai sarana pengumpulan data, yaitu lembar penilaian yang diujikan oleh dua ahli isi mata pelajaran, dua ahli media dan ahli desain, dan dua ahli praktisi untuk mengetahui validitas media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung. Media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung merupakan subjek dari penelitian pengembangan ini, dan objek penelitiannya adalah validitas media video pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, 88% dan 92% merupakan skor yang diperoleh dari ahli isi mata pembelajaran dengan predikat baik dan sangat baik, 87% dan 92% merupakan skor yang diperoleh dari ahli desain dengan predikat baik dan sangat baik, 88% dan 88% merupakan skor yang diperoleh dari ahli media dengan predikat baik, serta 90% dan 90% merupakan skor yang diperoleh dari ahli praktisi dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran pada topik keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri Katung dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.} }