@thesis{thesis, author={Putra I Made Devid Krisna}, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MODEL KONSTRUKSTIVISME MELALUI MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI POKOK PENGARUH AGAMA DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X TATA BOGA SMK PURI WISATA }, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9653/}, abstract={Latar belakang penelitian ini karena terdapat masalah berupa motivasi dan hasil belajar dalam proses pembelajaran di kelas X Tata Boga SMKS Puri Wisata Panca Sari. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X Tata Boga setelah penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka ? teki silang, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga setelah penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka ? teki silang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK yaitu (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa kelas X Tata Boga pada siklus I yaitu 36,36% mengalami peningkatan ketika siklus II sebesar 66,67% untuk kategori pilihan sangat setuju dan dengan demikian termasuk kategori ?tinggi?; sedangkan (2) hasil belajar siswa kelas X Tata Boga pada siklus I meperoleh nilai rata-rata yaitu 68,48 dan ketuntasan belajar 24,24%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 73,48 dengan ketuntasan belajar adaah 60,6% dengan kategori ?sedang?. Berdasakan penelitian ini tentu dapat diperlihatkan bahwa melalui penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka ? teki silang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMKS Puri Wisata Pancasari semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.} }