@thesis{thesis, author={Kakomore Devi Angelina}, title ={KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA, DISIPLIN KERJA, SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP ROFESIONALISME GURU DI SMP TUNAS DAUD DENPASAR}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9754/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesinalisme guru, (2) kontribusi etos kerja terhadap profesinalisme guru, (3) kontribusi disiplin kerja terhadap profesinalisme guru, (4) kontribusi supervisi pendidikan terhadap profesinalisme guru, (5) kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, disiplin kerja, dan supervisi pendidikan secara bersama-sama terhadap profesinalisme guru di SMP Tunas Daud Denpasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil uji hipotesis analisis menunjukkan bahwa terdapat: (1) kontribusi positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru sebesar 0,217, dengan sumbangan efektif sebesar 5,425%, (2) kontribusi positif signifikan etos kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 0,693, dengan sumbangan efektif sebesar 39,224 % , (3) kontribusi positif signifikan disiplin kerja terhadap rofesionalisme guru sebesar 0,276 dengan sumbangan efektif sebesar 7,176 % ,(4) kontribusi positif signifikan supervisi pendidikan terhadap profesionalisme guru sebesar 0,584 dengan sumbangan efektif sebesar 21,55 %, dan (5) kontribusi yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah, etos kerja, budaya kerja, dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru dengan sumbangan efektif sebesar 73,4 %. Hal ini berarti keempat variabel tersebut mempunyai kontribusi signifikan terhadap profesinalisme guru di SMP Tunas Daud Denpasar.} }