@thesis{thesis, author={GLOSITA KATARINA NI LUH}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9860/}, abstract={PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR Katarina Ni Luh Glosita Ni Ketut Suarni I Made Citra Wibawa Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul IPA berbasis Tri Hita Karana pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, model ini terdiri dari beberapa langkah yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini merujuk pada e-modul IPA berbasis Tri Hita Karana pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya kelas IV sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA berbasis Tri Hita Karana pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya di kelas IV SD Santo Yoseph 1 Denpasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode rating scale, koesioner, dan tes. Lembar rating scale dan koesioner diterapkan dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan kepada responden yakni ahli materi, ahli media, dan guru, kemudian dilakukan penilaian berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut. Tes diberikan kepada siswa kelas IV SD Santo Yoseph 1 Denpasar untuk mengumpulkan data pemahaman konsep IPA siswa dalam menentukan efektivitas produk. Hasil uji validitas dari dua orang dosen ahli materi mendapatkan persentase rata rata sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji validitas dari dua orang dosen ahli media mendapatkan persentase rata rata sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Respon kepraktisan produk dari empat orang guru wali kelas IV SD Santo Yoseph 1 Denpasar, mendapatkan persentase rata rata sebesar 93% dengan kualifikasi sangat praktis. Hasil uji efektivitas produk berdasarkan pemahaman konsep IPA siswa, mendapatkan persentase efektivitas sebesar 86,32% dengan kriteria efektivitas tinggi. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan, pengembangan e-modul IPA berbasis Tri Hita Karana pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, e-modul IPA berbasis Tri Hita Karana pada topik siklus hidup makhluk hidup dan pelestariannya layak diterapkan dalam pembelajaran kelas IV SD.} }