@thesis{thesis, author={Wijaya I.B. Dimas Mahendra}, title ={PENGEMBANGAN E-MODULE BIOLOGI BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA TOPIK EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9866/}, abstract={Wijaya, Dimas Mahendra (2022), Pengembangan E-module Biologi Berbasis Guided Discovery Learning Pada Topik Ekosistem dan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M. Si dan Pembimbing II: Dr. Desak Made Citrawathi, M. Kes. Kata kunci: E-module, Guided Discovery Learning, dan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan produk berupa e-module pembelajaran biologi berbasis guided discovery learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan rancangan penelitian pengembangan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain/perancanan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi/penerapan) dan (5) Evaluation (evaluasi/umpan balik). Tahap uji validasi melibatkan ahli materi dan praktisi guru, ahli media, dan ahli bahasa. Tahap uji kepraktisan melibatkan praktisi guru dan siswa. Tahap uji efektivitas melibatkan siswa kelas X IPA 1 sebanyak 36 orang. Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) e-module yang dikembangkan memeroleh kriteria valid berdasarkan validitas konten dan konstruk; (2) produk yang dikembangkan memiliki kriteria praktis berdasarkan angket respon guru dan peserta didik; (3) e-module pembelajaran biologi berbasis guided discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikansi sebesar 0,0001 (p < 0,05) dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 94% dengan kriteria sangat baik.} }