@thesis{thesis, author={Sombuk Lavista Rosaline Kurnimasari Irianti}, title ={Implementasi metode pembelajaran jigsaw dalam rangka meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas VIII-B di mts Al-khairiyah}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9876/}, abstract={IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII-B DI MTS AL KHAIRIYAH TEGALLINGGAH Oleh Lavista R.K.I. Sombuk, NIM 1714041026 Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana hasil belajar siswa dengan metode jigsaw pada mata pelajaran PPKn siswa Kelas VIII Mts Al-Khairiyah Tegallinggah 2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan metode jigsaw pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII Mts Al-Khairiyah Tegallinggah dan 3) Apakah ada kendala setelah menerapkan metode pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII di Mts Al-Khairiyah Tegallinggah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dan motivasi belajar siswa Lokasi penelitian di VIII B MTs Al-khairiyah Tegalinggah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B Mts Al-Khairiyah Tegallinggah sebanyak 22 orang. Data tentang hasil belajar PPKn siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar berbentuk tes obyektif. Sedangkan data motivasi belajar siswa di kumpulkan melalui angket kuisoner. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket,Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa yaitu dari rata-rata hasil belajar pada siklus 1 sebesar 50,91 yang termasuk dalam kategori rendah, sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 75.00 dan termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dari siklus 1 ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 62,95%. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 51.68 dengan kategori sangat rendah. Sedangkan motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 82.00 dan termasuk kategori tinggi. dan juga kesimpulan motivasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II sebesar 66,84 % kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode pembelajaran jigsaw, selama dalam penelitian antara lain: siswa masih merasa sulit dalam proses pembelajaran dimana dalam penerapan model pembelajaran jigsaw ini merasa mereka terlihat bingung dalam pembentukan kelompok baik kelompok asal maupun kelompok ahli sehingga membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif. Kata kunci: Jigsaw, Hasil belajar dan Motivasi.} }