@thesis{thesis, author={Metri Sulistya Sudeni Luh}, title ={DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR ASSESSING5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AT BULELENG REGENCY}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9935/}, abstract={DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR ASSESSING 5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AT BULELENG REGENCY By: Luh Metri Sulistya Sudeni, 1812021103 English Language Education ABSTRACT Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian otentik dengan mengadopsi beberapa metode pembelajaran yang bersesuain dengan pembelajaran abad ke-21, meliputi Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Task-Based Language Learning, dan Discovery-Based Learning. Penelitian ini menggunakan model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007) disertai tahapan Analysis, Design, Development, dan Evaluation yang dikenal juga dengan ADDE. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD di di Kabupaten Buleleng. Terdapat beberapa jenis instrument yang diterapkan seperti observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dan selanjutnya dianalasisi dengan mixed method data analisis. Dari keseluruhan pengujian atau proses evaluasi diperoleh bahwa keseluruhan rubrik yang telah dikembangkan dinyatakan sebagai rubrik penilaian yang sangat baik oleh tiga ahli dan satu guru penilai, serta dikatakan baik oleh satu hasil evaluasi guru untuk digunakan dalam penilaian proses belajar mengajar Bahasa Inggris kelas 5 SD. Kata-kata Kunci: rubrik penilaian otentik, metode pembelajaran abad 21, siswa dan guru sekolah dasar.} }