@thesis{thesis, author={Harysmantara I Putu}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN NATURALIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/9965/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen kecerdasan naturalis yang valid dan reliabel pada pelajaran IPA siswa kelas IV SD. (2) mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel pada pelajaran IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi. Pengembangannya terdiri dari sembilan tahap yaitu 1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal tes (3) menelaah soal tes (4) melakukan uji coba tes (5) menganalisis butir soal tes (6) memperbaiki tes (7) merakit tes (8) melaksanakan tes (9) Menafsirkan hasil tes. Namun pada penelitian ini hanya terdiri 7 tahapan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Instrumen kecerdasan naturalis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (2) Instrumen kecerdasan naturalis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert isi dengan nilai 0,975 dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran, (3) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (4) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert isi dengan nilai 0,689 dengan kategori baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.} }