@thesis{thesis, author={Awalinda Trisna}, title ={HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN PUSKESMAS BAILANG KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO}, year={2016}, url={http://repo.unikadelasalle.ac.id/212/}, abstract={Kualitas pelayanan adalah suatu bentuk penilaian pasien terhadap pelayanan yang diterima. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan dan hal terpenting yang harus dicapai oleh setiap fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang ada tidaknya Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan Puskesmas Bailang,menggunakan bentuk penelitian Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel secara purposivesampling dengan jumlah sample 37 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Fisher Exact Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 responden (13,5%) menyatakan kualitas pelayanan berada pada kategori cukup baik dan 32 responden (86,5%) menyatakan pada kategori baik. Tingkat kepuasan pasien 10 responden (27%) berada pada kategori cukup puas dan 27 responden (73%) berada pada kategori puas. Hasil uji statistik Fisher Exact Test didapati ada hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan Puskesmas Bailang dengan nilai p = 0.014. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan pasien, semakin berkualitas pelayanan yang diberikan semakin puas yang dirasakan pasien. Peneliti berharap dari penelitian ini Puskesmas Bailang dapat meningkatkan kualitas pelayanan terutama pada aspek kehandalan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan, Instalasi Rawat Jalan Puskesmas Kepustakaan : 10 buku, 22 internet} }