@thesis{thesis, author={WARANKIRAN ANDREW}, title ={PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI (MPASI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DI KECAMATAN REMBOKEN}, year={2017}, url={http://repo.unikadelasalle.ac.id/356/}, abstract={Latar Belakang: Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang diberikan pada bayi usia 6-24 bulan. Namun masih banyak yang kurang tepat, terutama di Kec. Remboken. Hal ini dapat membuat nutrisi bayi tidak tercukupi dan dapat membahayakan saluran pencernaan bayi juga dapat membuat infeksi saluran pernafasan bayi. Pendidikan kesehatan akan memberikan informasi tentang makanan pendamping ASI sehingga meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku tentang MPASI. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan perilaku MPASI. Metode: Responden penelitian ini adalah ibu di Kec. Remboken, Indonesia yang berjumlah 42 ibu dengan bayi usia 6-24 bulan dengan menggunakan teknik total sampling dengan grup perlakuan (n=21), kontrol (n=21). Uji statistic yang digunakan uji t berpasangan dan uji t tidak berpasangan dengan nilai signifikan p<0,05). Hasil: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu dengan nilai mean 16,29 naik 18,62 (p-value= 0,000). Perilaku memiliki nilai mean 28,24 naik 30,52 (p-value =0.010). Memiliki perbedaan antara kelompok perlakuan dan kontrol nilai, pengetahuan mean 18,62 dan kontrol 16,33 (p-value =0,000) dan perilaku perlakuan 30,52 dan kontrol 28,24 (p-value =0,007). Kesimpulan: Metode pendidikan kesehatan haruslah aktraktif dan creative. Tidak hanya memberikan materi, menunjukan video dan rekonstruksi cara pembuatan MPASI akan membuat ibu mudah mengerti dan mempraktekkannya di rumah. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, MPASI, Pengetahuan, Perilaku Kepustakaan: 8 Buku, 23 Jurnal} }