@thesis{thesis, author={HIMPONG GLENN ALTER}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN LANSIA DI BPLU SENJA CERAH PANIKI PROVINSI SULAWESI UTARA}, year={2017}, url={http://repo.unikadelasalle.ac.id/363/}, abstract={Latar belakang: Panti werdha adalah sarana yang memberikan pelayanan serta perawatan jasmani, rohani dan sosial, serta perlindungan untuk memenuhi kebutuhan lansia agar dapat hidup dengan baik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan lansia di BPLU Senja Cerah Paniki. Metode: Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitiatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 30 responden yang memenuhi kriteria inklusi, pengumpulan data menggunakan dua kuisioner yaitu kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan. Uji statistik yang digunakan ialah Fisher’s Exact Test. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan baik dengan kategori kepuasan baik persentasenya sebanyak (16.7%) dan kualitas pelayanan baik dengan kategori kepuasan cukup persentasenya sebanyak (80.0%). Sedangkan kualitas tidak baik dengan kategori kepuasan cukup persentasenya (3.3%). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan P-Value = 1.000, dimana nilai ini lebih besar dari nilai siqnifikan α = 0,05 sehingga Ho gagal di tolak. Hal ini menyatakan tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan lansia di BPLU senja cerah paniki, provinsi sulawesi utara. Kesimpulan: Hasil penelitian yang dilakukan di BPLU Senja Cerah Paniki pada 30 responden, didapatkan hasil hampir semua lansia setuju dengan kualitas pelayanan baik di panti werdha. Untuk kepuasan lansia menunjukkan sebagian besar responden merasa puas dengan kualitas pelayanan yang ada di panti werdha. Tidak Ada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Lansia di BPLU Senja Cerah Paniki. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan lansia Kepustakaan: 13 buku, 17 jurnal} }