@thesis{thesis, author={RUMOPA LUCIANA DEWI}, title ={FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN VASCULAR DISEASE DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM GMIM KALOORAN AMURANG}, year={2016}, url={http://repo.unikadelasalle.ac.id/368/}, abstract={Latar belakang: Kecepatan dan ketepatan (response time) pelayanan masih menjadi permasalahan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit baik swasta maupun negeri. Kecepatan dan ketepatan merupakan Standart Pelayanan Minimal yang harus dicapai petugas khusunya perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kepuasan pasien/pelanggan merupakan sebuah indikator keberhasilan sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit teramasuk di IGD.. Faktor yang menunjang keberhasilan pelayanan tersebut adalah response time dan fasilitas penunjang. Tujuan penelitian: Ini adalah unutk melihat hubungan antara faktor response time dan fasilitas dengan kepuasan pasien di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan ChiSquare. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 49. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lkuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa response time perawat di IGD RSU GMIM Kalooran Amurang adalah lambat dengan kepuasan pasien rendah atau tidak puas p value 0,016 n. selain itu juga hasil persepsi pasien tentang fasilitas tidak lengkap dengan kepuasan pasien renda p value 0,36. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu terdapat hubungan antara response time dengan kepuasan pasien serta ada hubungan antara persepsi fasilitas dengan kepuasan pasien. maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara faktor response time dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Vascular Deseases, Response Time, Fasilitas, Kepustakaan : 10 buku dan 14 jurnal} }