@thesis{thesis, author={Sambuari Stenly Salvius}, title ={EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN COOPERATIVE PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK GMIM DORKAS MAUMBI KECAMATAN KALAWAT}, year={2017}, url={http://repo.unikadelasalle.ac.id/379/}, abstract={Latar Belakang : Perkembangan sosial merupakan proses belajar untuk mencapai kematangan dalam hubungan sosial. Anak prasekolah (4 – 6 tahun) yang mengalami keterlalambatan dalam perkembangan sosial dapat mempengaruhi pada aspek sosial – emosional dan perilaku anak tersebut hingga ia tumbuh dewasa. Cooperative play merupakan salah satu jenis permainan yang ditandai dengan adanya kerja sama untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan anak yang lain. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi bermain cooperative play terhadap perkembangan sosial anak usia 5 - 6 tahun di TK GMIM Dorkas Maumbi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan time series design.Teknik penngambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 32 responden (kelompok eksperimen 16 responden dan kelompok kontrol 16 responden). Instrument yang digunakan adalah Denver II dan lembar obeservasi. Hasil Penelitian : Hasil uji statistik Mann-Whitney diperoleh p- value = 0,043 (α = 0,05). p-value < 0,05 Kesimpulan : Terapi bermain cooperative play berpengaruh postif terhadap perkembangan sosial anak usia 5 – 6 tahun di TK GMIM Dorkas Maumbi, Kecamatan Kalawat. Maka disarankan kepada pihak orang tua dan guru agar dapat menerapkan metode cooperative play kepada anak, agar kemampuan sosial mereka dapat berkembang secara optimal. Kata Kunci : Terapi bermain cooperative play, perkembangan sosial anak Kepustakaan : 17 Jurnal, 12 buku} }