@thesis{thesis, author={Sanjaya Novita}, title ={PENGARUH KUALITAS GURU DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SMK BUDDHI TANGERANG}, year={2020}, url={http://repositori.buddhidharma.ac.id/730/}, abstract={Di dalam memunculkan dan mengembangkan kepuasan siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan keloyalan siswa, sekolah harus mempertimbangkan secara matang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan siswa tersebut karena siswa pada masa sekarang ini dalam semangatnya untuk belajar salah satunya dipengaruhi oleh faktor yang ada di dalam sekolah tersebut, yaitu kualitas guru dan akreditasi sekolah. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas guru dan akreditasi sekolah terhadap kepuasan siswa pada SMK Buddhi Tangerang. Penelitian ini dilakukan terhadap 150 siswa dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 24.0. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana metode ini menggambarkan secara sistematis, fakual, dan akurat megenai variabel-variabel yang diteliti. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dengan alpha cronbach, analisis linear berganda, analisis koefisien korelasi, menghitung koefisien determinasi serta melakukan uji hipotesis. Dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 3,914 + 0,482X1 + 0,362X2, artinya bila terdapat peningkatan atau penurunan kualitas guru sebesar 1 point maka kepuasan siswa akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,483. Pada akreditasi sekolah, bila terdapat peningkatan atau penurunan sebesar 1 point maka kepuasan siswa akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,362. Diperoleh juga nilai t hitung untuk kualitas guru sebesar 5,965 dan untuk akreditasi sekolah sebesar 5,504 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,976. Hal tersebut berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga adanya hubungan signifikan secara parsial antara kualitas guru dan akreditasi sekolah terhadap kepuasan siswa. Untuk F hitung kualitas guru adalah 66,105 dengan tingkat signifikan 0,000 dimana angka 0,000 < 0,05 dan F hitung kualitas guru dan akreditasi sekolah adalah 54,740 dengan tingkat signifikan 0,000 dimana angka 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya adanya hubungan signifikan secara simultan yang kuat antara kualitas guru dan akreditasi sekolah terhadap kepuasan siswa.} }