@thesis{thesis, author={Yuna Hery}, title ={PEMBERDAYAAN PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BONE}, year={2022}, url={http://repositori.iain-bone.ac.id/973/}, abstract={Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan pengawas satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan pengawas satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan serta untuk mengetahui konstrinusi pengawas satuan pendidikan dalam peingkatan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone. Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke Kementerian Agama Kabupaten Bone, dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemberdayaan pengawas satuan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone sudah diberdayakan dengan cukup baik, karena para pengawas selalu mengikuti berbagai kegiatan seperti seminar dan diskusi, pendidikan dan pelatihan, Workshop, serta mengumpulkan hasil laporan yang ditemukan di lapangan sehingga mereka dapat melatih kemampuan dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai pengawas. Kedua, konstribusi pengawas satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone cukup baik, cara yang digunakan yaitu memenuhi sumber daya manusia yang baik dengan bimbingan dan berbagai kegiatan pelatihan, memberi motivasi, Mentransformasikan multi jenis masukan dan situasi untuk mencapai derajat nilai tambah tertentu bagi siswa. Mengikutkan siswa dalam berbagai kegiatan untuk dapat menghasilkan siswa lulusan berprestasi baik dalam bidang akademik mapun ekstrakurikuler} }