@thesis{thesis, author={ }, title ={Kolerasi Prestasi Hasil Belajar Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas XII Di MAN 1 Makassar}, year={2017}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1303/}, abstract={Akidah dan akhlak merupakan kajian utama dalam mempelajari agama Islam. Peserta didik seharusnya melakukan apa yang telah diajarkan tentang keyakinan dan perbuatan yang baik, agar peserta didik dapat selalu konsisten tetap dijalanNya dan tidak mudah berbuat kesalahan yang dapat menghilangkan cerminan akhlak seorang muslim, namun dengan perkembangan zaman hubungan antar sesama manusia tidak lagi terbendung apalagi dengan adannya internet yang bisa menghubungkan siapa saja dan dimana saja dan membicarakan tentang berbagai hal, menggunakan opini atau ideologi sesat yang dapat mempengaruhi perilaku peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak berlangsung di Kelas XII. MAN. 1 Makassar. (2) Mengetahui prilaku peserta didik Kelas XII. MAN. 1 Makassar. (3) Agar peserta didik Mengetahui cara berperilaku sesuai norma Agama, Bangsa, dan Negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 20 responden, menggunakan tehnik stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen dokumentasi nilai rapot untuk menjaring data (X), dan instrumen kuesioner untuk menjaring data (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Dan dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (hasil nilai belajar akidah akhlak) yang menunjukkan nilai terendah 60 dan tertinggi 85 sehingga mendapat rata-rata 59 dan termasuk dalam interval 41 – 60 sehingga dikategorikan sedang. Sedangkan variabel Y (prilaku peserta didik) yang menunjukkan nilai terendah 60 dan tertinggi 89 sehingga mendapat nilai rata-rata 71,6 dan termasuk dalam interval 61 – 80 sehingga dikategorikan baik. Pengujian hipotesis menggunakan metode perhitungan korelasi produk moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang positif antara hasil nilai belajar akidah akhlak dengan prilaku peserta didik Kelas XII MAN. 1 Makassar. Hal ini dapat diketahui dari rhitung (nilai rasio observasi) yaitu 0,167 yang ternyata lebih besar dari r tabel (nilai tabel korelasi) baik pada tingkat signifikansi 5 % : 0,083 dan 1 % : 0,147. Hal ini menunjukkan bahwa 68% variasi skor hasil nilai belajar akidah akhlak di tentukan oleh prilaku. Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara hasil nilai belajar akidah akhlak dengan prilaku peserta didik, dalam arti semakin tinggi Hasil nilai Belajar akidah akhlak semakin baik pula perilaku peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para praktisi pendidikan baik guru maupun orang tua dalam pembinaan dan pendidikan keagamaan pada putra-putrinya, agar menjadi anak dengan kepribadian yang baik. xv} }