@thesis{thesis, author={ }, title ={Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2Pangkajene}, year={2014}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2189/}, abstract={Tesis ini membahas tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islampada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Pangkajene.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi objektif akhlak peserta didik melalui pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Pangkajene,mengetahui bentuk akhlakul karimah yang diterapkan di SMA Negeri 2 Pangkajene,dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai akhlakul karimah di SMA Negeri 2 Pangkajene. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Teologis-Normatif, pendekatan Pedagogis, pendekataan Psikologis, Data dikumpulkanmelalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh kemudiandianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi objektif akhlak peserta didik melalui pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Pangkajene yakni terimplementasi dalam nilai-nilai akhlakul karimah yakni nilai religius,nilai jujur,nilai toleransi/tasamuh, nilai disiplin, nilai kerja keras, demokratis, cinta tanah air,menghargai, gemar membaca, peduli lingkungan, tanggung jawab. Adapun bentuk akhlakul karimah yang diterapkan di SMA Negeri 2 Pangkajene yakni,pelaksanaan shalat dhuha, membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, tadarruz, pengajian,shalat dhuhur berjamaah, kultum, melakukan kegiatan- kegiatan besar Islam,berjabat tangan dan mengucapkan salam.Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplentasikan nilai-nilai akhlakul karimah di SMA Negeri2 Pangkajene yaitu faktor pendukung yaitu keteladanan kepala sekolah dan guru,tersedianya sarana dan prasarana, adanya kerjasama anatara guru dan pengurusOSIS. Faktor penghambat yakniBelum semua pihak sekolah bisa memberi contoh,Jam pelajaran Pendidikan Agama Islam belum cukup, administrasi yang masih perlu dibenahi. Implikasi penelitian ini bahwa implementasi nilai-nilai akhlakul karimah pada peserta didik itu sudah efektif. Hal ini dibuktikan oleh SMA Negeri 2Pangkajene Kabupaten Pangkep. Oleh karena itu, SMA Negeri 2 Pangkajene perlu mempertahankan bahkan mengembangkan prestasi yang telah dicapai tersebut.Jugakepada lembaga pendidikan yang lain Negeri maupun Swasta upaya-upaya yangtelah dilakukan SMA Negeri 2 Pangkajene ini dapat dijakdikan bahan pertimbangan untuk diterapkan dalam rangka pembentukan akhlakul karimah peserta didik.} }