@thesis{thesis, author={ }, title ={Aktivitas Humas pada Bidang Pengaduan Pemkot Makassar dalam Meningkatkan Citra Pemerintahan}, year={2016}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2299/}, abstract={Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sub bagian pengaduan masyarakat adalah bagian dari humas. Aktivitas humas pengaduan yaitu setiap hari menerima pengaduan baik itu media cetak, media sosial, sms online, telepon dan pengaduan langsung. Setiap pengaduan masuk, ditindak lanjuti, di telpon SKPD yang terkait yang bertanggung jawab atas pengaduan tersebut. (2) faktor pendukung dalam aktivitas humas pada bidang pengaduan yaitu press room, membuat posko pengaduan dan faktor penghambat dalam aktivitas humas di bidang pengaduan yaitu sarana dan prasana, sumber daya manusia, koordinasi. Implikasi Penelitian bahwa Perlunya peningkatan sosialisasi pelaksanaan program-program layanan pemerintah agar masyarakat tidak mendapat pelayanan buruk dari SKPD yang bersangkutaan. Dan Saran untuk bagian humas sebaiknya ketika ada orang melakukan penelitian hendaknya memberikan arahan atau masukan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian humas. Agar peneliti tidak binggung dan mempermudah melakukan penelitiannya.} }