@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Pelaksanaan Kode Etik Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep}, year={2017}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2774/}, abstract={Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelaksanaan kode etik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep. Pokok masalah tersebut kemudian diturunkan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana gambaran pelaksanaan kode etik guru di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep? 2) Bagaimana realitas prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Put ri Minasate’ne Pangkep? 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan kode etik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Put ri Minasate’ne Pangkep? Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan cross sectional approach. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XII SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep dan sampel yang diambil adalah sampel jenuh yaitu seluruh kelas XII di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 57,45% peserta didik mendapat nilai tertinggi yang artinya prestasi peserta didik yang dilihat dari nilai rapor tergolong baik. Kemudian pelaksanaan kode etik berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dari hasil analisis deskriptif 65,96% peserta didik yang memberikan jawaban yang termasuk dalam kategori sedang. Jadi, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan kode etik guru sudah cukup baik. Hasil uji hipotesis mengatakan bahwa terdapat pengaruh kode etik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep. Implikasi penelitian ini yaitu pelaksanaan kode etik guru yang telah ditetapkan dan dibuat sebelumnya supaya bisa lebih ditingkatkan kemudian dipertahankan agar lebih memajukan prestasi peserta didik dan bisa memotivasi peserta didik untuk terus berkembang dan menjadi diri sendiri.} }