@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Madrasah terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba}, year={2016}, url={http://repositori.uin-alauddin.ac.id/301/}, abstract={Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana gambaran kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (2) bagaimana gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (3) bagaimana gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (4) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (5) apakah terdapat pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (6) apakah ada hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, dan (7) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk yaitu: (1) mengetahui gambaran kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (2) mengetahui gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (3) mengetahui gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (4) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (5) mengetahui pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (6) mengetahui hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, dan (7) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, pendekatan paedagogik, dan pendekatan sosial. Metode pengolahan data digunakan statistik deskriptif dan infrensial. Populasi penelitian adalah seluruh guru pada dua MAN di Kabupaten Bulukumba berjumlah 105 orang yang terdiri atas guru MAN Bulukumba sebanyak 58 orang dan guru MAN Tanete sebanyak 47 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan probabilty sampling dengan teknik simple random sampling ditentukan dengan menggunakan Nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 85 orang yang terdiri atas MAN Bulukumba sebanyak 47 orang dan MAN Tanete sebanyak 38 orang. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa menurut guru kepemimpinan kepala madrasah termasuk kategori baik dengan rata-rata skor 71,20% dari skor ideal, iklim madrasah termasuk kategori cukup dengan rata-rata skor 65,10% dari skor ideal, dan kinerja guru termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 68,66% dari skor ideal. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan analisis data dari empat hipotesis yaitu: (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Thitung (1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 18,106 + 0,740X1 , nilai 0,740 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besarnya nilai kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru 63,20%, (2) pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Thitung 11,928 ≥ Ttabel (1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 26,222 + 0,2825X2 , nilai 0,2825 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besar nilai kontribusi variabel iklim madrasah terhadap kinerja guru 63,40%, (3) hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05, dan (4) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Fhitung 81,915 ≥ Ftabel 11,928 ≥ Ttabel =2,72 dengan dk pembilang 2. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 17,124 + 0,383X1 + 1,513X2 , nilai 0,383 dan 1,513 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besar nilai kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah bersama-sama terhadap kinerja guru 66,6%. Hasil pengujian hipotesis dari empat hipotesis menunjukkan bahwa keempat hipotesis tersebut memperoleh nilai sig < α=0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kinerja guru pada madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, baik dilihat secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepala madrasah perlu meningkatkan kepemimpinannya yaitu: (1) pem} }